Ada kesalahan di dalam gadget ini

Tempat Belajar Bahasa Lembur Batur "SENEBIAN EDUCATION FOUNDATION"

Rabu, 16 September 2009

GEC (Germany Education Center)

Pusat Pengembangan Pendidikan di Jerman

Kepala Divisi

Riki
Universitas Indonesia


Adviser: Dzkri Rahmat R.
Unversitas Pendidikan Indonesia

Selamat Datang


Pusat Bisnis Jakarta

DAAD adalah organisasi bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman. Tujuan kami adalah meningkatkan kerjasama akademis di seluruh dunia, terutama melalui pertukaran mahasiswa, akademisi dan ilmuwan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program dan pelayanan DAAD secara umum, silakan mengunjungi www.daad.de

Di samping kantor pusatnya di Bonn, DAAD diwakili oleh 14 kantor perwakilan di berbagai kota di seluruh dunia. DAAD perwakilan Jakarta dibuka pada tahun 1990, dan telah merekam sejarah panjang hubungan Indonesia-Jerman dalam bidang pendidikan tinggi. Misi DAAD di Indonesia adalah memelihara hubungan kerjasama yang telah terjalin dengan baik. Pada halaman-halaman berikut Anda dapat memperoleh informasi mengenai aktivitas dan pelayanan yang kami tawarkan.

DAAD Jakarta Office
Jl. Jend. Sudirman, Kav. 61-62
Summitmas I, 19th Floor,
Jakarta 12190
Tel.: +62 (21) 520 08 70, 525 28 07
Fax: +62 (21) 525 28 22
Email: info@daadjkt.org
Waktu konsultasi:
Senin - Kamis (13:30 - 16:00)

STUDI DI JERMAN

MENGAPA JERMAN?


Negara Jerman Republik Federal Jerman terletak di jantung Eropa. 82 juta penduduk tinggal di sana dan 7,3 juta diantaranya adalah orang asing. Jerman memiliki 9 negara tetangga yaitu Denmark di utara, Belanda dan Belgia di barat laut, Perancis dan Luksemburg di barat, Austria dan Swiss di selatan, Republik Ceko dan Polandia di timur.

Hampir setengah dari penduduk Jerman tinggal di 85 kota dengan populasi lebih dari 100.000 penduduk. Kehidupan multikultural yang semarak menghiasi kota-kota. “Kampung mahasiswa” seringkali terletak di bagian kota yang bersejarah, tempat Anda dapat menemukan semua yang Anda inginkan: bar dengan musik hidup, toko buku antik, sepeda bekas.

Tahukah Anda bahwa seratus tahun yang lalu setengah dari jumlah mahasiswa yang studi di luar negeri belajar di Jerman? Pada waktu itu Jerman merupakan magnet bagi mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan terbaik. Jerman memiliki tradisi universitas yang panjang. Universitas tertua di Jerman adalah Ruprecht-Karls-University Heidelberg yang didirikan tahun 1386. Namun institusi pendidikan tinggi yang lain juga memiliki sejarah yang terentang beberapa abad.

Alasan utama untuk studi di Jerman:

  • Dengan lebih dari 300 institusi pendidikan tinggi yang tersebar di seluruh negeri, Jerman memiliki kepadatan universitas yang tidak ada tandingannya di seluruh dunia.
  • Biaya hidup bagi mahasiswa di Jerman dapat ditekan lebih rendah dengan cara menggunakan bantuan bagi mahasiswa dan potongan harga. Rata-rata biaya hidup 700 euro per bulan (per 2004)
  • Bahasa Jerman merupakan bahasa pertama yang paling banyak digunakan di Eropa oleh kurang lebih 100 juta penutur. Kekuatan bisnis dan industri Jerman serta aktivitas perusahaan dan korporasi Jerman yang makin mendunia juga menjadikan bahasa Jerman sebagai bahasa yang penting di pasar internasional
  • Pilihan aktivitas waktu luang yang luas yang ditawarkan baik di universitas maupun di luar universitas. Olahraga, kebudayaan atau hanya menghabiskan waktu malam, semua ada untuk memenuhi setiap selera.
  • Beberapa institusi pendidikan tinggi Jerman menawarkan jurusan dengan gelar internasional. Jurusan tersebut dibuka untuk menarik mahasiswa asing dan Jerman yang mencari pendidikan dengan dimensi internasional. Rentang kesempatan studi mencakup jenjang S1, S2 dan S3 (Bachelor, Master dan Ph. D). Perkuliahan diselenggarakan dalam bahasa Inggris, seringkali selama tahun pertama sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Kursus bahasa Jerman juga ditawarkan sebelum dan selama perkuliahan.
  • Hampir semua universitas di Jerman dibiayai oleh negara. Sejauh ini mahasiswa Jerman dan asing dapat melaksanakan studi dan penelitian mereka tanpa perlu mengkhawatirkan uang kuliah. Situasi ini sekarang berubah. Universitas di Jerman mulai menerapkan uang kuliah. Bagaimana dan berapa besar uang kuliah tergantung dari kebijakan masing-masing negara bagian. Bagaimanapun besarnya uang kuliah di Jerman lebih rendah dibanding dengan negara barat lainnya.

Beberapa situs berikut juga memberikan informasi mengenai studi di Jerman
www.higher-education-compass.de
www.studienwahl.de
www.study-in.de
www.germany-opportunities.de/study


Institusi Pendidikan Tinggi

Di Jerman terdapat 323 institusi pendidikan tinggi yang tersebar di seluruh negeri (per 2001). Mereka yang tertarik untuk studi di Jerman dapat memilih antara universitas dan institusi yang berstatus universitas (misalnya Universitas Teknik), Fachhochschule (universitas ilmu terapan) atau SekolahTinggi Seni, Musik dan Film. Institusi pendidikan tinggi umum terbuka bagi mahasiswa dari semua negara.

eputusan mengenai jenis institusi pendidikan tinggi yang tepat bagi Anda tergantung sebagian besar pada apa tujuan studi Anda. Anda harus memperjelas hal ini lebih dulu, sebelum mulai memilih institusi yang paling tepat bagi Anda.

Jenis Perguruan Tinggi di Jerman

Sebelum memulai studi, Anda harus dapat menjawab pertanyaan berikut:

  • Apa jenis perguruan tinggi yang tepat bagi Anda? Apakah Anda lebih tertarik pada perkuliahan yang lebih pendek dan berorientasi pada praktek seperti di Fachhochschule atau Anda lebih memilih kuliah di Sekolah Tinggi Seni dan Musik?
  • Apakah Anda berencana memperoleh gelar di Jerman atau hanya ingin menyelesaikan sebagian dari studi Anda di Jerman (misalnya satu tahun) tanpa memperoleh gelar di Jerman?
  • Atau mungkin Anda telah lulus sarjana di Indonesia dan sekarang hendak melanjutkan ke pascasarjana di Jerman?
  • Apakah gelar Diplom, Magister, Staatexamen (ujian negara), atau gelar DiplomFachhochschule diakui sebagai kecakapan profesional di Indonesia? Atau Anda lebih memilih studi dengan gelar yang diakui secara internasional – Bachelor atau Master?

Struktur Pendidikan Tinggi Tradisional Jerman

I. Universitas

Universitas Jerman bukan hanya tempat berlangsungnya pendidikan dan pelatihan, namun juga tempat dilaksanakannya penelitian murni dan terapan yang independen. “ Pendidikan dan ilmu pengetahuan murni “ menuntut agar mahasiswa terlibat kerja akademis yang disiplin.

Universitas memberikan gelar akademis Diplom, Magister,Bachelor, Master serta Doktor. Universitas berhak menganugerahkan Habilitation, kecakapan mengajar bagi professor.

Jurusan yang dibuka di universitas mencakup kedokteran, ilmu pengetahuan alam, teknik, humaniora, hukum, teologi, ekonomi/business administration, dan ilmu sosial, pertanian dan kehutanan.

Struktur Pendidikan di Universitas

Karena di universitas lebih menekankan pada penelitian, masa studi yang dibutuhkan lebih lama dibandingkan dengan studi di FH (10-12 semester). Terdiri dari 4 semester masa studi dasar (Grundstudium) untuk pendalaman teori yang ditutup dengan ujian „Vordiplom“. Kemudian dilanjutkan dengan studi utama atau Haupstudium sekitar 4-6 semester. Keseluruhan masa studi ditutup dengan ujian lisa dan tertulis untuk memperoleh gelar Diplom atau Magister. Gelar Diplom atau Magister ini setingkat dengan gelar Sarjana Strata 2.

II. Fachhochschule (FH)

Jika mahasiswa asing tidak menemukan kesulitan membayangkan apa itu universitas atau universitas teknik, Fachhochschule adalah elemen istimewa dengan tradisi singkat dalam sistem pendidikan tinggi Jerman. Namun FH cepat terkenal. Seperempat dari seluruh mahasiswa sekarang memutuskan untuk studi di FH. Jumlah mahasiswa yang studi di FH meningkat 5 kali lipat sejak pertama kali dibentuk. Lebih singkatnya jalur menuju dunia kerja menjadi hal yang menarik mahasiswa untuk studi di FH. Studi di FH lebih fokus pada praktek. Penyusunan perkuliahan yang ketat, pengajaran dalam kelompok yang kecil, penilaian terus-menerus melalui ujian, dan pilihan mata kuliah yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja memungkinkan masa studi di FH lebih singkat dibanding di universitas.

Jadi di FH berlangsung pengajaran dan juga penelitian. Namun, penelitian yang berfokus pada praktek dan lebih berbasis aplikasi. Oleh karena itu, jurusan yang berfokus pada teori secara absolut tidak ditawarkan di FH. Jurusan yang dibuka diarahkan khususnya untuk mencetak profesional yang mengenyam pendidikan praktis dan akademis dalam bidang teknik, business administration, desain, dan pelayanan sosial. Gelar akademis yang diberikan pada umumnya adalah Diplom (FH).

Struktur Pendidikan di Fachhochschule

Fachhochschule (FH) yang menekankan pengajarannya pada praktek, memungkinkan masa studi yang relatif lebih singkat dibanding di universitas, yaitu sekitar 8 semester. Terdiri dari masa studi dasar (Grundstudium) 3 semester yang ditutup dengan ujian Vordiplom. Kemudian dilanjutkan dengan semester praktek selama satu semester/6 bulan. Setelah itu masuk ke masa studi utama (Haupstudium). Keseluruhan masa studi ditutup dengan ujian lisan dan tertulis untuk memperoleh gelar Diplom (FH).

III. Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film

Pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film di Jerman bertujuan mempersiapkan lulusannya untuk berkerja sebagai artis atau musisi profesional, profesional di bidang desain, film dan media serta pengajar di bidang artistik. Secara substansi pendidikan di Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film berbeda dengan di universitas.

Untuk penerimaan masuk, pelamar harus membuktikan bahwa dia telah memiliki kualifikasi masuk ke perguruan tinggi (contohnya surat tanda tamat belajar) yang setara dengan kualifikasi Jerman. Di samping itu, pelamar harus menguasai bahasa Jerman dengan baik sebab secara umum bahasa pengantar di Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film adalah bahasa Jerman. Pada umumnya pelamar yang memenuhi syarat kemudian harus mengikuti tes kemampuan atau mempresentasikan contoh karyanya. Namun demikian, Anda sebaiknya menanyakan langsung ke masing-masing perguruan tinggi, karena syarat masuk dapat berbeda antara satu dengan yang lain.

Masa studi berkisar antara 8-12 semester tergantung dari jurusan yang diambil. Gelar yang diberikan pada umumnya adalah Diplom.

International Degree Programs

Beberapa tahun terakhir beberapa universitas dan juga Fachhochschule menawarkan jurusan yang memberikan gelar internasional. Jurusan ini didesain untuk menarik mahasiswa asing dan Jerman yang mencari pendidikan dengan dimensi internasional. Jenjang studi yang ditawarkan meliputi S1, S2 dan S3 (Bachelor, Master, Ph.D). Jurusan yang ditawarkan oleh institusi pedidikan tinggi Jerman memenuhi standar berikut:

  • Standar akademis yang tinggi
  • Program studi yang tertata rapi
  • Gelar internasional, seperti Bachelor dan Master
  • Perkuliahan diselenggarakan dalam bahasa Inggris, seringkali selama tahun pertama
  • Kursus bahasa Jerman ditawarkan sebelum dan selama studi
  • Pelayanan spesial: pelayanan dukungan akademis dan pribadi oleh tutor dan mentor, konsultasi studi yang intensif, kelas yang kecil, dll.
  • Kesempatan untuk menyelesaikan satu periode studi di universitas partner di luar negeri

Jika Anda ingin mengetahui secara pasti apakah suatu jurusan sesuai dengan Anda, silakan mengunjungi situs www.daad.de/idp untuk mengetahui informasi lebih detil. Situs ini memuat deskripsi singkat dari setiap jurusan, syarat masuk, bahasa pengantar, biaya, dll.

Perbandingan struktur gelar tradisional dan internasional di Universitas

Perbandingan struktur gelar tradisional dan internasional di Fachhochschule



Informasi Umum Beasiswa


DAAD scholarship holders
Studi atau penelitian di institusi pendidikan tinggi Jerman perlu pembiayaan yang matang. Universitas negeri di Jerman pada umumnya tidak mengenakan uang kuliah. Bagaimanapun jika universitas menarik uang kuliah, besarnya uang kuliah lebih rendah dibanding negara barat lainnya. Jadi, biaya yang harus ditanggung oleh mahasiswa atau peneliti asing di Jerman biasanya untuk perjalanan, buku dan materi studi lainnya, akomodasi dan biaya hidup pada umumnya. Beasiswa atau bantuan merupakan jawaban bagi mereka yang tidak memiliki sumber keuangan yang memadai.

Berbagai organisasi Jerman menyediakan beasiswa bagi mahasiswa dan akademisi asing yang sedang studi atau riset di Jerman, misalnya Alexander von Humboldt atau DAAD. Untuk informasi mengenai organisasi tersebut dan program mereka, silakan kunjungi
www.daad.de/deutschland/foerderung/02055.en.html
www.study-in.de/english/1.7.45.html
www.humboldt-foundation.de

DAAD menawarkan sejumlah program beasiswa bagi Indonesia. Sebagian besar beasiswa ditujukan bagi dosen (dari universitas negeri atau swasta), peneliti dari institusi negeri dan profesional yang bekerja di sektor publik dan swasta. Untuk mahasiswa S1 dari jurusan Sastra Jerman, DAAD menyediakan kursus musim panas dan beasiswa studi selama 1 semester di universitas Jerman.

Untuk informasi detil tentang program beasiswa DAAD bagi Indonesia, klik di sini . Tim kantor DAAD Jakarta dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda (untuk alamat dan jam konsultasi klik di sini ).

Kantor pusat DAAD menyediakan database beasiswa yang berisi tidak hanya program beasiswa DAAD, tetapi juga beasiswa yang diberikan oleh organisasi Jerman lainnya. ( Kunjungi www.funding-guide.de )


Program Beasiswa dan Bantuan DAAD

Mohon perhatikan bahwa biaya dalam Euro yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika Anda berencana melamar salah satu dari beasiswa yang tercantum di bawah ini, silakan menghubungi DAAD Jakarta sebelum Anda menyerahkan berkas lamaran.

Untuk beberapa program beasiswa dokumen harus diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman atau Inggris. Daftar penerjemah bahasa Jerman dapat diperoleh di sini.

Baru:

Terhitung tahun 2007, pelamar dapat menggunakan "Online Application Form" untuk beberapa program Beasiswa DAAD

... untuk Mahasiswa

Program
Info
Application
Deadline
Group Visits to Germany by Foreign Students
Information

01 November

One-Semester Study Scholarships (specific subjects)
Information

-

University Summer Course Grants for Advanced Students (specific subjects)
Information

.doc

tutup

... untuk Pascasarjana

Program
Info
Application
Deadline
Study Scholarships for Graduates Fine Art, Architecture, Music, Dance
Information

online

30 September

Study Scholarships for Master's Courses
-

-

-

Research Grants for Doctoral Candidates
Information

15 October

Sandwich-Scholarships for Doctoral Candidates
Information

15 October

Postgraduate Degree Courses with Relevance to Developing Countries (specific subjects)
Information

31 Agustus

Short-term Research Grants
Information

15 October

Additional Offer of DAAD Scholarships to Germany (specific subjects)
Information

-

Various programs for former scholarship holders, e.g. a Re-Invitation Program and a Specialist Literature Support Program (for general information on alumni programs click here )
Information

klik Info

... untuk Postdoctoral

Program
Info
Application
Deadline
Indonesian-German Scientists Exchange Program
Information

-

Research Stays for Academics and Scientists
Information

15 October

DAAD - Fraunhofer Technopreneur Award 2009 (specific subjects)
Information

tutup

Additional Offer of DAAD Scholarships to Germany (specific subjects)
Information

-

Various programs for former scholarship holders, e.g. a Re-Invitation Program and a Specialist Literature Support Program (for general information on alumni programs click here )
Information

klik Info

Program
Info
Application
Deadline
Fellowships & Award offers of the Alexander von Humboldt Foundation
Information

-

-

... untuk Institusi Pendidikan Tinggi

Program
Info
Application
Deadline
Short-term Visiting Lectureships
Information

-

Various programs for alumni, e.g. an Equipment Donations Program (for general information on alumni programs click here )
Information

-

Subject-Related Partnerships with Universities in Developing Countries
Information

-

Fact Finding Missions (e.g. for the preparation of a Subject-Related Partnership with Universities in Developing Countries)
Information

-

International Consultancy Projects
Information

-

DIES Partnerships between Higher Education Institutions in Germany and Indonesia
Information

-

UNISTAFF - a program for the further development of university staff
Information

-

... untuk Alumni

DAAD menawarkan berbagai beasiswa untuk mendukung ilmuwan yang pernah studi atau melakukan penelitian dia Jerman (alumni). Informasi umum mengenai progam-program yang dimaksud dapat dilihat di sini.

Lamaran Online Beasiswa DAAD

Terhitung tahun 2007 ini, pelamar dapat menggunakan "Online Application Form" untuk program Beasiswa DAAD di bawah ini:

  • Study Scholarship (for graduates of all disciplines)
  • Study Scholarship (for graduates in Fine Arts, Architecture, Music, Dance)
  • Postgraduate Degree Courses with Relevance to Developing Countries
  • Research Grant (for doctoral candidates, young academics, scientists)
  • Sandwich-Scholarships (for doctoral candidates)
  • PENTING!

  • Sebelum Anda mulai melakukan pendaftaran secara Online, sebaiknya Anda mencetak dan membaca secara seksama Online Application Guidelines, yang memberikan penjelasan secara rinci bagaimana cara mengisi formulir "online application".
  • Setelah Anda membaca panduan tsb, Anda pilih salah satu program beasiswa yang Anda hendak lamar, dan klik "Online Application links" untuk masuk ke tampilan "Online Application Form"
  • Untuk informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa tersebut, klik tombol Information
  • Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi kami, via e-mail ke:
    info@daadjkt.org atau
  • melalui telefon ke nomor: 021-5252807 atau 5200870
    Senin - Kamis, 10:00-12:00; 14:00-17:00; Jumat 10:00-12:00.

PROGRAM
INFO
APPLICATION
Study Scholarship (for graduates in Fine Arts, Architecture, Music, Dance)
Information
Study Scholarship (for graduates of all disciplines)
Information
Research Grant (for doctoral candidates, young academics, scientists)
Information

Online Application

Sandwich-Scholarships (for doctoral candidates)
Information
Postgraduate Degree Courses with Relevance to Developing Countries (specific subjects)
Information

Online Application



Belajar Bahasa Jerman

Bahasa Jerman bermanfaat dipelajari! Mengapa? Karena...

  • Bahasa Jerman adalah bahasa yang penting dalam komunikasi internasional. Lebih dari 101 juta orang di dunia berbahasa Jerman, sekitar 20 juta orang di seluruh dunia mempelajari bahasa Jerman. Di Eropa bahasa Jerman merupakan bahasa ibu bagi 100 juta orang, tidak hanya di Jerman, tetapi juga di Austria, Swiss, Luxemburg dan Liechtenstein. Hal ini menempatkan bahasa Jerman di antara 12 bahasa paling umum dipakai di dunia: 2,1% dari populasi dunia. Di Eropa bahasa Jerman adalah bahasa ibu yang paling luas digunakan.
  • Bahasa Jerman adalah bahasa yang penting untuk perdagangan. Jerman adalah negara pengekspor utama di dunia. Jerman memiliki ekonomi yang kuat dan partner industri dan perdagangan paling penting bagi Indonesia di Uni Eropa. Dalam 10 tahun terakhir, bahasa Jerman menjadi linguafranca regional di negara-negara Eropa Tengah dan Timur. Karena kemampuan lintas budaya merupakan kualifikasi kunci untuk bisnis yang sukses saat ini, kecakapan bahasa Jerman membantu Anda membuka pasar baru dan menjadi sukses di bisnis global dan di pasar tenaga kerja internasional.
  • Bahasa Jerman menempati kedudukan kuat dalam pengetahuan dan sastra. Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan teknologi memainkan peran penting dalam penelitian dan pendidikan. Di abad 19 bahasa Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan sastra menduduki posisi penting di dunia, lebih penting dari bahasa Perancis dan dalam hal tertentu bahasa Inggris. Saat ini bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dominan untuk pengetahuan dan sastra. Namun dalam jaringan kerjasama internasional dan lintas disiplin di tingkat global bahasa Jerman masih banyak dipakai. Masyarakat Jerman modern mendasarkan diri pada pengetahuan: pengetahuan dan penelitian menempati kedudukan kuat dalam kehidupan umum di Jerman.
  • Bahasa Jerman sebagai bahasa kebudayaan membuka wawasan intelektual. Kebudayaan Jerman mewujudkan diri dalam berbagai bentuk: dari sastra dan musik, teater dan film hingga ke arsitektur, lukisan, filosofi dan seni. Pengetahuan bahasa Jerman memungkinkan Anda mengenal satu dari kebudayaan besar Eropa dalam bentuk aslinya. Di dunia sastra - Goethe, Schiller, Kafka, Grass -, dunia musik - Bach, Mozart, Beethoven, Wagner -, filosofi - Luther, Kant, Schopenhauer, Nietzsche -, atau psikologi -Freud, Adler, Jung - atau juga dunia penelitian dan pengetahuan - Kepler, Einstein, Röntgen, Planck - bahasa Jerman adalah bahasa bagi pikiran besar.
  • Bahasa Jerman membuka pintu ke perkuliahan di universitas Jerman. Meskipun kuliah internasional di universitas Jerman memungkinkan Anda studi di Jerman tanpa pengetahuan bahasa Jerman, penguasaan bahasa Jerman tentu saja menguntungkan jika Anda ingin studi di sana. Jika kuliah internasional tidak tersedia, Anda harus membuktikan bahwa Anda memiliki kemampuan bahasa Jerman yang memadai sebelum memulai kuliah. Oleh karena itu, penguasaan bahasa memberikan pilihan kuliah lebih luas.
  • Bahasa Jerman meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan. Perusahaan Jerman di Indonesia dan perusahaan asing di Jerman mencari ahli dengan pengetahuan bahasa Jerman. Di Uni Eropa terdapat kesempatan pelatihan, studi dan pekerjaan yang menarik bagi para ahli dengan pengetahuan bahasa Jerman.
  • Bahasa Jerman penting untuk bidang pariwisata. Indonesia adalah tujuan wisata populer. Banyak turis dari Jerman, Austria dan Swiss berpergian ke Indonesia. Bagi mereka yang bekerja di industri pariwisata, kemampuan bahasa Jerman merupakan investasi yang bagus.

Informasi lengkap mengenai bagaimana dan dimana belajar bahasa Jerman, materi pelajaran, institut pengembangan bahasa Jerman, tes bahasa Jerman dan kursus musim panas tersedia di situs www.learn-german.net .

Di Indonesia, beberapa universitas dan lembaga bahasa swasta menawarkan kursus bahasa Jerman. Di antaranya, kami merekomendasikan Goethe-Institut di Jakarta dan cabangnya di Bandung dan Surabaya. CDC Jakarta juga membuka kursus tatap muka.

Goethe Institut Jakarta
Jl. Sam Ratulangi 9-15
Jakarta 10036
Tel.: 021/ 23 55 02 08
Fax.: 021/ 23 55 00 21
E-mail: info@jakarta.goethe.org untuk perpustakaan dan pusat informasi
kursus@jakarta.goethe.org untuk kursus bahasa
kultur@jakarta.goethe.org untuk program kebudayaan
Internet: http://www.goethe.de/so/jak/

Goethe Institut Bandung
Jl. Martadinata 48
Bandung 40115
Tel.: 022/ 436 440
Fax.: 022/ 420 40 41
E-mail: goethebd@melsa.net.id
Internet: http://www.goethe.de/so/bad/

Yayasan Goethe Indonesia
Taman A.I.S. Nasution 15
Surabaya 60271
Tel.: 031/ 534 37 35/36
Fax.: 031/ 531 95 07
E-mail: goethe1@sby.dnet.net.id

CDC Kantor Perwakilan Jakarta
Contact person: Ibu Xandra M. Sihotang
Jl. Benda 3 Rt 07 Rw 001
Ciganjur
Jakarta 12630
Tel.: 021 / 788 90410
Fax.: 021 / 788 90420
Email: cdc_jkt@pacific.net.id
Internet: www.cdc.de


The Technische Universität München

Welcome to our homepage for prospective students

The Technische Universität München looks forward to welcoming our future students.

We would like to help you finding your way to our university. Learn about our undergraduate and postgraduate courses, application procedures, fees and funding as well as our service offices. Furthermore, you will find information about accommodations and working permit in Germany for international students.

Why studying at TUM?


Courses at TU München





Application and admission


Counseling and orientation





Offerings für pupils


Student funding





News für prospektive students


Service


contact: Students' Service Center (SSZ)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Di latar belakangi oleh kebutuhan Kota Banjar akan pendidikan yang berkualitas, maka sangat diperlukan sekali adanya sebuah media informasi pendidikan yang berbasis ICT (Teknologi Komunikasi dan Informasi) (BCL3;Browsing, Chatting, Learning, Leading and Loving)